Kamis, 05 September 2013

Hewan yang bernafas dengan kulit

Hewan yang bernafas dengan kulit

Dari banyaknya cara bernafas binatang, mungkin yang paling aneh adalah hewan yang bernafas dengan kulit, karena jenis binatang ini melakukan proses pernafasan pakai kulit yang artinya menghirup udara dan mengeluarkannya dari kulit. 

Lantas hewan apa yang bernapas menggunakan kulit? Sebenarnya ada beberapa binatang yang memiliki sistem pernasafan pada kulit, yang paling banyak kita temui adalah pada serangga (belalang, kupu-kupu)

Contoh yang paling mudah yaitu pada belalang, dimana belalang bernafas dengan kulit yaitu dengan adanya trakea. Dalam badan belalang terdapat alat pernafasan yang melekat pada kulitnya.

Contoh lainnya adalah pada cacing tanah, yang juga melakukan pernafasan melalui kulitnya. Nah demikian sekilas tentang hewan yang bernafas dengan kulit yang semoga dapat membantu kamu mengetahui apa saja hal yang unik di dunia ini, khususnya tentang dunia fauna. 

1. Belalang

          Belalang bernapas dengan trakea. Trakea adalah pembuluh - pembuluh halus yang bercabang yang  memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma adalah lubang yang terletak   di sisi  tubuh bagian kiri-kanan. Stigma berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara.


2. Kupu-kupu

Kupu-kupu  bernapas dengan trakea
   
3. Cacing
         Cacing tidak mampunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas melalui permukaan kulit tubuhnya   yang basah.
4. Katak (kecebong)
Alat pernapasan katak adalah paru-paru dan kulit. Namun, ketika masih berbentuk kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Insang tersebut terletak di luar tubuhnya seperti Gambar 1.6. Setelah menjadi katak dewasa, alat pernapasannya menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.
5. Lipan
Lipan   bernapas dengan trakea
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar